Penulis novel best seller Indonesia, Andrea Hirata, akan segera menerbitkan dua novel terbarunya pada awal tahun 2019 ini. Seperti diketahui, Andrea Hirata merupakan salah seorang penulis yang menyita perhatian masyarakat dengan novel Tetralogi Laskar Pelangi. Setelah sukses dengan novel serial tersebut, ia pun tak berhenti berkarya. Beberapa buku pun telah dihasilkan dari tangan dinginnya, yakni Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas (2010), Sebelas Patriot (2011), Laskar Pelangi Song Book (2012), Ayah (2015), dan Sirkus Pohon (2017).

Setelah hampir dua tahun, pria dengan nama lahir Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harun ini akan mengobati kerinduan pembaca dengan dua novel terbarunya yang akan diterbitkan oleh Penerbit Bentang Pustaka. Seperti novel-novelnya yang lain, dalam dua novel ini, Andrea Hirata masih berbicara mengenai dunia pendidikan dengan gaya satire yang menggelitik dan menyayat hati sekaligus. Dalam pengerjaannya, Andrea Hirata mengaku tidak membutuhkan waktu yang lama. Proses pengerjaan novel ini hanya memakan waktu sekitar tiga bulanan.

Secara keseluruhan, #KaryaKe11Andrea ini mungkin akan berbeda dengan novel-novel Andrea Hirata sebelumnya. Sebab, novel ini bercerita mengenai sekelompok orang yang berencana untuk melakukan aksi kejahatan. Adapun motif yang melatarbelakangi mereka melakukan tindak kriminal ini pun tidak biasa dan cenderung membuat pembacanya mengelus dada. Kemudian, #KaryaKe12Andrea bercerita mengenai kehidupan salah seorang anggota dari kelompok Laskar Pelangi. Bagi para penggemar novel Laskar Pelangi, novel kedua ini akan sangat mengobati kerinduan kepada Ikal, Lintang, dan kawan-kawannya.

Kedua novel ini cukup penting untuk dibaca oleh khalayak. Sebab, tidak hanya menyuguhkan jalan cerita yang menarik, kedua novel ini juga sarat akan berbagai pelajaran yang bisa diambil oleh para pembaca. Selain itu, di dalam kedua novel ini, Andrea Hirata juga menyertakan berbagai motivasi kehidupan yang bisa memberi semangat para pembaca dalam menyongsong tahun 2019. Untuk itu, novel ini cukup layak untuk masuk ke dalam wish list books Anda tahun ini.